10 Bukti Kalau Bumi Itu Bulat Bukan Datar - SpaceNesia

10 Bukti Kalau Bumi Itu Bulat Bukan Datar

10 Bukti Kalau Bumi Itu Bulat Bukan Datar

SpaceNesia - Umat manusia telah mengenal bumi adalah bulat untuk beberapa ribuan, tapi ada juga beberapa orang yang meyakini bahwa Bumi itu datar (Flat Earth Society). Kabar tentang Flat Earth baru-baru ini kembali melejit saat rapper B.o.B. mentwitter hal tersebut dan menjadi tranding topik.

Tapi berikut ini beberapa metode yang menunjukkan Bumi 100% Bulat, bukan datar.

1. Bulan
10 Bukti Kalau Bumi Itu Bulat Bukan Datar
Pandangan berurutan dari gerhana bulan yang terjadi pada 15 April 2014. Anda dapat melihat bayangan bumi melintasi wajah Bulan, dan bentuk bayangannya adalah melengkung karena bumi adalah bulat.
Bentuk bulat Bumi dapat dilihat dari siklus gerhana Bulan. Gerhana Bulan cukup misterius bagi orang-orang Yunani kuno,dan dalam pencarian mereka untuk pengetahuan, mereka datang dengan beberapa pengamatan mendalam yang membantu tokoh umat manusia untuk mengetahui bentuk planet kita.

Aristoteles (yang membuat cukup banyak pengamatan tentang sifat bola bumi) melihat bahwa selama gerhana bulan (ketika orbit bumi berada langsung antara Matahari dan Bulan, menciptakan bayangan dalam prosesnya), bayangan bulat di permukaan Bulan. Bayangan ini adalah Bumi, dan itu adalah petunjuk besar pada bentuk bulat bumi.

2. Kapal Dan Cakrawala
Seperti ini lah pandangan jika anda melihat semut berjalan di permukaan jeruk
Seperti ini lah pandangan jika anda melihat semut berjalan di permukaan jeruk

Jika Anda sudah pernah di pelabuhan akhir-akhir ini, atau hanya berjalan menyusuri pantai dan memandang kosong ke cakrawala, Anda mungkin melihat fenomena yang sangat menarik: kapal yang mendekat tidak hanya "muncul" dari cakrawala (jika dunia itu datar), melainkan muncul dari bawah laut.

Tapi kapal itu tidak tenggelam dan bangkit lagi ketika mereka mendekati pandangan kita (kecuali dalam "Pirates of the Caribbean"). Alasan kenapa kapal-kapal itu tampak seolah-olah mereka "muncul dari gelombang" adalah karena dunia tidak datar, tapi bulat.

Bayangkan ada seekor semut berjalan disepanjang permukaan jeruk, hingga masuk ke bidang pandang Anda. Jika Anda melihat dari "kepala" jeruk itu, Anda akan melihat tubuh semut perlahan naik dari "cakrawala", karena kelengkungan jeruk. Jika Anda akan melakukan percobaan itu dengan jalan yang panjang, efeknya akan berubah: Semut akan perlahan-lahan 'terwujud' ke tampilan, tergantung pada seberapa tajam penglihatan Anda.

3. Variasi Konstelasi Bintang
Pengamatan ini awalnya dibuat oleh Aristoteles (384-322 SM), yang menyatakan Bumi bulat dapat dilihat dari rasi bintang yang berbeda saat seseorang melihatnya bergerak menjauh dari khatulistiwa.
Pengamat bintang di bumi bulat
Pengamat bintang di bumi bulat
Setelah kembali dari perjalanan ke Mesir, Aristoteles mencatat bahwa "ada bintang yang terlihat di Mesir dan Siprus yang tidak terlihat di daerah utara." Fenomena ini hanya bisa dijelaskan jika manusia yang melihat bintang-bintang ini dari permukaan bulat.
Pengamat bintang di bumi datar
Pengamat bintang di bumi datar
Semakin jauh Anda pergi dari khatulistiwa, semakin jauh juga konstelasi "yang anda kenal" pergi menuju cakrawala, dan digantikan oleh bintang-bintang yang berbeda. Ini tidak akan terjadi jika dunia itu datar.

4. Bayangan Dan Tongkat

Jika Anda menancapkan tongkat di tanah, maka akan menghasilkan bayangan. bayangan bergerak seiring berjalannya waktu (yang merupakan prinsip kuno Jam Bayangan). Jika dunia datar dan anda meletakkan dua tongkat di lokasi yang berbeda (lokasi yang berjauhan), anda akan menghasilkan bayangan yang sama:
Tongkat di Bumi datar. Bayangan yang dihasilkan akan sama
Tapi tentu hal itu tidak akan terjadi, karena Bumi Bulat, bukan datar.
Bayangan tongkat di Bumi bulat
Bayangan tongkat di Bumi bulat.
Eratosthenes (276-194 SM) menggunakan prinsip ini untuk menghitung keliling Bumi cukup akurat.

5. Melihat Lebih jauh dari Lokasi Tinggi

Berdirilah di dataran datar terus Anda melihat di depan menuju cakrawala. Fokuskan mata Anda, kemudian ambil teropong favorit Anda dan lihat sejauh mata Anda (dengan bantuan lensa teropong) bisa melihat.
Pandangan di Bumi datar
Pandangan di Bumi datar
Kemudian, Anda memanjat pohon terdekat - yang lebih tinggi lebih baik. Kemudian anda melihat lagi, fokuskan mata Anda, menatap melalui teropong ke cakrawala.

Pandangan di Bumi Bulat
Pandangan di Bumi Bulat
Lebih tinggi lokasi Anda makin jauh anda melihat. Biasanya, kita cenderung untuk menghubungkan hal ini dengan hambatan Bumi, seperti kenyataan kita memiliki rumah atau pohon lainnya yang menghalangi visi kita di tanah, dan mendaki ke atas tentu memiliki pandangan yang jelas, tapi itu bukan alasan yang benar. Bahkan jika Anda akan memiliki dataran yang benar-benar jelas tanpa rintangan antara Anda dan cakrawala, Anda akan melihat lebih jauh dari ketinggian yang lebih besar dari yang Anda lakukan di tanah.

6. Naik Pesawat

Jika Anda pernah mengambil perjalanan ke luar negeri, khususnya perjalanan dengan tujuan yang jauh, Anda bisa melihat dua fakta menarik tentang pesawat dan Bumi:

- Pesawat dapat melakukan perjalanan dalam garis relatif lurus dalam waktu yang sangat lama dan tidak tiba ke tepi apapun. Mereka juga dapat mengelilingi Bumi tanpa berhenti.

- Jika Anda melihat keluar jendela pada penerbangan trans-Atlantik, Anda dapat melihat lengkungan bumi di cakrawala. Pandangan terbaik kelengkungan ini dapat terlihat dari pesawat Concorde, tetapi bahwa pesawat itu sudah lama pensiun. Tapi pesawat baru oleh "Virgin Galactic" - akan dapat melihat cakrawala yang benar-benar melengkung di kejauhan.

7. Lihatlah Planet Lain

Bumi memang berbeda dengan planet lain, itu betul. Bumi memiliki kehidupan dan sampai sekarang kita belum menemukan planet seperti itu. Namun ada beberapa karakteristik yang semua planet miliki dan itu akan cukup logis untuk mengasumsikan bahwa jika semua planet berperilaku dengan cara tertentu, atau menunjukkan karakteristik tertentu - khususnya jika mereka berada di tempat yang berbeda atau diciptakan dalam keadaan yang berbeda - planet kita tetap sama.

Dengan kata lain: Jika begitu banyak planet yang dibuat di lokasi yang berbeda dan dalam situasi yang berbeda menunjukkan properti yang sama, kemungkinan bahwa planet kita sendiri memiliki properti yang sama juga. Semua pengamatan kita menunjukkan planet yang bulat (dan karena kita tahu bagaimana mereka dibuat, itu juga jelas mengapa mereka berbentuk seperti ini). 

Pada tahun 1610, Galileo Galilei mengamati bulan Jupiter yang berputar di sekitarnya. Dia menggambarkan mereka sebagai planet kecil yang mengorbit sebuah planet yang lebih besar - deskripsi itu sangat sulit diterima bagi gereja karena menentang model geosentris di mana segala sesuatu seharusnya berputar di sekitar Bumi. Pengamatan ini juga menunjukkan bahwa planet-planet (Jupiter, Neptunus, dan kemudian Venus) semua berbentuk bulat, dan semua mengorbit matahari.

Sebuah planet datar (kita atau planet lain) akan menjadi seperti sebuah pengamatan yang luar biasa sehingga hal itu akan cukup banyak melawan segala sesuatu yang kita tahu tentang bagaimana planet terbentuk dan berperilaku. Ini tidak hanya akan mengubah segala sesuatu yang kita ketahui tentang pembentukan planet, tetapi juga tentang pembentukan bintang (seperti matahari kita harus berperilaku cukup berbeda untuk membiasakan sebuah "bumi datar"), apa yang kita ketahui dari kecepatan dan gerakan dalam ruang (seperti planet ' orbit, dan efek gravitasi, dll) juga akan berubah.

8. Keberadaan Zona waktu

Waktu di New York, anggap kita tulis pukul 12:00. Matahari berada di tengah langit. Di Beijing, itu akan berlangsung pukul 12:00, tengah malam, dan matahari tidak akan anda temukan di langit. Di Jakarta mungkin pukul 1:30 am. Ada tempat dimana Matahari telah tenggelam dan juga tempat Matahari akan terbit.

Pandangan langit di Bumi bulat
Pandangan langit di Bumi bulat
Hal ini hanya bisa dijelaskan jika dunia ini bulat, dan berputar mengelilingi porosnya sendiri. Pada titik tertentu ketika matahari bersinar pada salah satu bagian dari Bumi, sisi berlawanan akan gelap, dan sebaliknya. Yang memungkinkan terjadinya perbedaan waktu dan zona waktu, khususnya tempat-tempat yang berselisih 12 jam.

Pandangan langit di Bumi datar
Pandangan langit di Bumi datar
Jika Bumi itu datar, kita akan melihat matahari bahkan jika itu tidak bersinar di atas kita (seperti yang Anda lihat pada gambar). Cara yang sama berlaku jika Anda dapat melihat cahaya yang keluar dari lampu sorot di panggung teater, meskipun Anda berada dalam gelap. Satu-satunya cara untuk membuat dua zona waktu yang terpisah dan berbeda, dimana ada kegelapan dan ditempat lain ada cahaya jika dunia ini bulat.

9. Pusat Gravitasi

Ada fakta menarik tentang massa. Gaya tarik (gravitasi) antara dua benda tergantung pada massa dan jarak antara mereka. Gravitasi akan menarik menuju pusat massa benda. Untuk menemukan pusat massa, Anda harus memeriksa objek.

Pertimbangan Bidang Bulat

Bola memiliki bentuk yang konsisten, tidak peduli di mana Anda berdiri, Anda memiliki jumlah bola yang sama di bawah Anda. (Bayangkan semut berjalan di sekitar bola kristal. Dari sudut pandang serangga, bentuk permukaan tidak akan berubah sama sekali.) Pusat massa bola terletak di pusat bola, yang berarti gravitasi akan menarik apapun di permukaan menuju pusat lingkup (lurus ke bawah) tidak peduli di mana itu terletak.

Pertimbangkan Bidang Datar.  

Pusat massa dari bidang datar berada di pusatnya, sehingga gaya gravitasi akan menarik apapun di permukaan menuju ke tengah bidang. Itu berarti bahwa jika Anda berdiri di tepi bidang, gravitasi akan menarik Anda ke arah tengah, tidak lurus ke bawah seperti Anda biasanya alami.

Saya cukup yakin jika kita menjatuhkan sesuatu di antartika (yang katanya tepi dunia), ia pasti akan jatuh ke bawah, bukan ke samping. Jika anda masih ragu, anda dapat ,embaca lebih lanjut tentang pusat massa dan sekitar pendistribusian massa di sini. Atau mau yang lebih ekstrim, Anda dapat mempelajari Hukum Gravitasi Universal Newton di sini.

10.  Gambar Dari Luar Angkasa

Dalam 60 tahun terakhir eksplorasi ruang angkasa, kita telah meluncurkan satelit, probe, dan orang-orang ke ruang angkasa. Beberapa dari mereka kembali, beberapa dari mereka masih melayang di ruang angkasa dan mereka telah mengirimkan gambar menakjubkan ke penerima kita di Bumi. Dan di semua foto itu, bentuk Bumi berbentuk bola. Lengkungan bumi juga terlihat dalam banyak, banyak, banyak, banyak foto yang diambil oleh astronot di Stasiun Antariksa Internasional - SpaceNesia/AstroNesia.

Sekianlah artikel "10 Bukti Kalau Bumi Itu Bulat Bukan Datar" kali ini, Jangan Lupa Untuk Like Dan Follow Sosial Media Kami : Twitter, Facebook, Google+, Instagram, Youtube, Pinterest, Dan Subscribe Untuk Mendapatkan Update Terbaru Dari Kami.

11 comments:

  1. nah kalau itu sih udah jelas banget !

    ReplyDelete
  2. msih banyak hoax tentang bumi hadehh

    ReplyDelete
  3. Masih bingung Bumi itu Bulat atau Datar, tapi saya yakin Bumi itu Bulat

    ReplyDelete
  4. Sebenernya bumi itu bulat. Tapu banyak teori yg gk bulat..
    Padahal udah jelas bulat ditambah fakta ini

    ReplyDelete
  5. kebayang gak kalo bumi datar.? pasti di ujungnya bisa keluar angkasa
    ngerti kan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar angkasa mungkin aja bro...
      tapi bagaimana mau keluar angkasa...keluar provinsi aja sulit..ongkos pesawat mahal

      Delete
  6. Bener sob.. walaupun teori bumi datar masih saja ada hingga sekarang.

    ReplyDelete
  7. mungkin si Rapper B.o.B nya gak pernah sekolah kali gan :V

    ReplyDelete
  8. 1.Bulan
    yang dimaksudkan menciptakan bayangan, bayangan dari mana min?terus diameter bumi , bulan dan matahari menurut ilmu fisika yang dipelajari pada pelajaran fisika umumnya hanya menggunakan benda bulat seperti bola yang tidak ada acuan skalanya.
    Saya rasa statement mimin juga tidak ada acuannya.
    2.Kapal danCakrawala
    Alasan seolah-olah muncul, saya rasa adalah karena jarak pandang mata kita sebagai manusia adalah terbatas. dan juga karena adanya refleksi O2 seperti sebuah pensil yang diletakan didalam gelas berisi air ( mengapa air yang digunakan, adalah karena O2 adalah unsur dasar terciptanya air )bandingkan dengan pensil didalam gelas tanpa air.
    berikutnya, jeruk. jeruk diibaratkan bumi , semut diibaratkan apa min? ga kena skalanya.
    saya rasa staement mimin tidak mendasar.
    3. Variasi Konstelasi Bintang
    Aristoteles pada tahun 384 -322 SM masih manual, saya rasa wajar jika saat itu orang-orang percaya.pertanyaanya... mengapa NASA yang sudah canggih masih berkembang ilmunya dari teori Aristoteles?
    NASA wajib dipertanyakan.
    4. Bayangan dan Tongkat
    menurut saya karena matahari berputar mengeliligi bumi dengan system elektro magnetik. bukan bumi mengelilingi matahari
    teori ini akan sama tetap sama , mau bumi yang mengorbit matahari atau matahari yang mengorbit bumi. dan sama sama teori.

    maaf capek typenya....
    selanjutnya lihat aja di youtube ketik : flath earth 101

    tampilin ya comment saya min ga usah takut untuk kebenaran....biar orang ga dengan mudah percaya gitu aja tanpa ada bukti atau pedoman yang akurat.semua berpeluang untuk membuktikan tidak hanya berasumsi diatas asumsi, berteori diatas teori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flat Earth 101 Itu channel sesat! jangan ngajak orang lain ikut bodoh dong!

      Delete

Powered by Blogger.